Minggu, 04 September 2016

Membuat Redirect Hanya Domain Saja


Cerita dibalik Redirect Hanya Domain Blogger


Membuat Redirect Hanya Domain Saja

Pernah suatu ketika saya membuat blog dengan domain gratisan dan ternyata domain gratisan tidak bagus di mata search engine saya tidak tau secara pasti kenapa Domain gratisan buruk di mata Google.

Akhirnya saya mencopot domain tersebut dan menggunakan domain default atau bawaan dari blogger dan mendaftarkannya kembali ke Google webmaster karena saat itu yang saya daftarkan adalah domain gratisan.

Karena pada saat itu saya menggunakan domain gratisan dan ada beberapa postingan saya yang saya share ke media sosial menggunakan domain gratisan tersebut, dan setelah saya copot domain gratisannya otomatis link yang saya share ke media sosial saat di klik akan mengalami error karena domain tersebut sudah tidak saya gunakan lagi.

Nah untuk mengatasi error tersebut saya tidak menghapus link yang ada pada media sosial, tetapi saya menggunakan sistem redirect domain saja dari pada repot karena postingan yang saya share pada medsos sudah banyak jadi saya memilih solusi redirect saja.

Contoh URL


1. http://www.domaingratis.tk/2016/09/judul-artikel.html
---------------------------||
------------Ini adalah domain gratis

2. http://www.domain.blogspot.com/2016/09/judul-artikel.html
---------------------------||
------------Ini domain asli

Perhatikan URL tersebut disini kita akan redirect hanya pada domain saja, jadi ketika user atau pengunjung mengklik URL nomor (1) maka user akan redirect ke URL nomor (2) tanpa mengubah URL di belakangnya yaitu "/2016/09/judul-artikel.html", kok gitu? ya karena disini kita hanya membuat redirect pada nama domain saja, untuk mengatasi error link yang sudah kita bagikan pada media sosial.

Hapus Domain Dan Simpan Di Blog Lain


Setelah domain kita copot sekarang pindahin domain ke blog baru, buat blog baru dan simpan tuh domain gratisan diblog baru tersebut, untuk pengaturannya silahkan anda sesuaikan sendiri (jika membutuhkan settingan lagi).

Jika domain sudah tersimpan sekarang buka template dan cari kode <head> dan letakan kode javascript dibawah ini, Dibawah kode <head>.

<script type="text/javascript">
var domain = window.location.href.substr(20);
window.location.replace("http://domain-asli.blogspot.com" + domain);
</script>

Perhatikan pada tanda berwarna kuning (angka 20) itu adalah jumlah karakter dari domain gratisan jadi coba hitung karakter domain ada berapa karakter setelah anda hitung ganti angka 20 sesuai dengan jumlah karakter dari domain anda (perhitungan mulai dari http).

Contoh URL Domain


http://www.domaingratis.tk/2016/09/judul-artikel.html

Pada contoh diatas karakter domain yang saya gunakan ada 26 jadi pada angka 20 diatas saya ganti menjadi 26, udah gitu aja dan simpan template anda. sekarang coba akses link yang ada pada akun sosial media anda kalau belum berhasil mungkin ada yang salah silahkan bertanya jika ada yang salah.