Sabtu, 21 Mei 2016

Server google code ditutup


Berawal dari sebuah komentar diblog teman isi dari komentar tersebut mengatakan kalau kode dari tutorial yang disediakan error pas saya cek ternyata bener hosting kode yang berserver di google code error. Mungkin semenjak tanggal 19 server google code error, karena sebelumnya masih normal2 saja.

server google code error

Awalnya saya bingung, karena kalau sampai error semua kode yang saya gunakan bakal error, mana belum backup kodenya lagi. tapi untung saja google code masih menyimpan backup-an dari kode kita, kita bisa mengaksesnya lewat url dibawah ini..

https://code.google.com/archive/p/system-svn/source/default/source

Pada kode yang bergaris bawah (system-svn) silahkan ganti dengan username google code anda, kalau URL dari server google code sendiri seperti ini

http://system-svn.googlecode.com

Jadi silahkan anda sesuaikan dengan username yang anda punya. Jika sudah masuk di google code archive silahkan anda klik download untuk membackup dan simpan kemudian cari hosting untuk tempat menyimpan kode2 tersebut atau anda bisa menggunakan Google Drive untuk hosting gratis.

Disini saya belum mengetahui pasti apakah Google code tutup atau bagaimana, namun jika servernya terus error kemungkinan besar Google code tutup, karena dari tahun lalu Google code sudah mengumumkan bahwa Google Code akan tutup.