Senin, 17 Juni 2013

Manipulasi nilai href pada link


Setelah aku pusing nyari2 akhirnya ketemu juga jawaban atas pertanyaanku Disini, yang aku cari waktu itu adalah gimana sih cara memanggil link tapi menggunakan function javascript jadi linknya itu gak keliatan pada jendela browser saat kita hover/sentuh. Dan trik ini juga harus menggunakan link yang sudah diatur pada javascriptnya, pertamanya sih aku mikir mungkin gak nih bisa lebih dari satu link, dan aku pikir2 lagi kenapa gak! dan setelah aku tambahin array lalu mengetesnya ternyata berhasil. Cara ini sebenernya buat seneng2/iseng2 aja tapi siapa tau suatu saat aku butuh cara ini kan gak pusing2 lagi nyari kesana kemari.

ilustrasi kode

Perhatikan gambar diatas saat link disentuh maka dibrowser akan tampil link javascript:link(1) maksudnya javascript akan memanggil daftar link yang ada pada urutan ke 1 yaitu www.google.com kenapa google bukan facebook..?? karena peng_Indeksan javascript itu dimulai dari 0 jadi misalnya kita ganti angka 1 dengan angka 0 maka link yang akan tampil adalah www.facebook.com ok mengerti..? mudah2an mengerti. lanjut ke kodenya silahkan simpan javascriptnya diatas </head> atau </body>.

<script type="text/javascript">
function link(n){
var daftar = [
"http://facebook.com/",//indeks 0
"http://www.google.com/",//indeks 1
"http://www.blogger.com/",//indeks 2
"http://www.yahoo.com/"//indeks 3
]
window.location.href = daftar[n];
}
</script>

Kode HTML pemanggilnya seperti ini, bisa kita gunakan pada postingan atau dimana saja kita butuhkan.

<a href="javascript:link(1)">Nama Link</a>

Pada kode daftar yang ada dijavascript bisa kita tambahkan lagi daftar linknya cara penulisannya sama seperti diatas link harus dihimpit oleh tanda quote dan diberi koma, tapi untuk daftar link yang paling terakhir tidak diberi koma, contoh seperti ini..

<script type="text/javascript">
function link(n){
var daftar = [
"http://facebook.com/",//indeks 0
"http://www.google.com/",//indeks 1
"http://www.blogger.com/",//indeks 2
"http://www.yahoo.com/",//indeks 3
"http://www.bing.com/"//kode terakhir tidak pake koma ( indeks 4 )
]
window.location.href = daftar[n];
}
</script>

Done. kalau javascriptnya mau samarkan silahkan menggunakan Tools www.javascriptobfuscator.com tapi dengan syarat anda sudah hafal daftar link yang sudah ada dijavascriptnya, karena kalau lupa Gak gawat-gawat amat sih kan bisa mampir kesini lagi buat ngambil kodenya hehehe.

ILUSTRASI