Rabu, 15 Juni 2016

Melakukan sesuatu saat elemen menghilang


Contoh Hasil Penerapan Kode

Saat suatu elemen sudah tidak eksis lagi atau tidak ada lagi dalam template maka lakukan sesuatu, ya begitulah kira-kira maksud dari judul postingan ini. Contoh kasus saya mempunyai sebuah elemen yang penting dalam template blog saya dan saya tidak ingin elemen itu hilang, jadi saya menyisipkan kode javascript dibawah ini, agar saat elemen menghilang ada sebuah peringatan muncul.

CONTOH

Bagaimana? pada contoh diatas saya melakukan aksi saat elemen menghilang maka saya mengganti judul paragraf, ingin melihat lagi versi menggunakan ALERT? silahkan anda klik contoh dibawah ini,

CONTOH2

Dibawah ini adalah kode Javascriptnya.

window.onload = function(){
//ID elemen silahkan anda ganti dengan ID elemen yang anda tuju
var elemen = document.getElementById("ID Elemen");
if(!elemen){
//!elemen artinya jika elemen tidak ada
//maka lakukan tindakan dibawah ini
alert("Elemen menghilang");
}
}

Pertama tentukan dulu ID dari elemennya lalu eksekusi kodenya didalam kode if.